Pengertian Printer 3D.



Selama bertahun-tahun, printer telah meningkat tajam dalam penggunaannya dari hanya bisa mencetak warna hitam dan putih hingga sekarang mampu mencetak jauh lebih cepat dari pada yang mereka gunakan untuk kembali di tahun 90an. Kemajuan printer yang paling signifikan pada saat ini adalah  kemampuan ynag bisa mencetak benda tiga dimensi.

Apa yang akan dicetak oleh printer 3D?

Printer 3D adalah sebuah alat pencetak yang mana dalam mencetaknya ini berbeda dari alat printer pencetak lainnya, jadi printer 3D akan mencetak sebuah objek dengan 3 dinmensi yang mempunyai bentuk dan kemiripan secara percis dengan prototipenya.

Apa yang akan dicetak oleh printer 3D?

Printer 3D sekarang mampu mencetak hampir apa saja, dari patung-patung yang dibuat oleh tangan, meja dan prototipe arsitektur. Printer ini sangat berbeda jauh dari printer yang anda biasa gunakan untuk mencetak sebuah teks ataupun gambar , karena pada printer 3D kita bisa mencetak seperti wujud aslinya yaitu berbentuk 3 Dimensi.

Untuk dapat mencetak 3 dimensi maka diperlukan sebauah prototipe atau rancangannya terlebih dahulu, untuk membuatnya biasanya menggunakan software CAD (Computer Adided Design). Pemindai 3D dan kamera juga dapat digunakan untuk menghasilka file untuk dicetak kembali dalam bentuk 3D, namun kebanyakan pengguna janya akan mencetak jenis file tertentu.

Berapa Harga Printer 3D?

Harga printer 3D ini berkisar dari sekitar $500 atau jika dirupiahkan berikisa Rp 5.500.000. Jika Anda ingin mencetak benda-benda bekas atau benda-benda kecil, printer ini dapat dibeli dari tempat-tempat seperti toko ATK (Alat toko komputer). ATK memiliki beragam variasi, yang berkisar antara Rp 5.500.000 hingga harga yang Rp. 100.000.000. Cukup mahal bukan? Namun jika anda memang seorang yang bergelut yang membutuhkan alat ini, tentu harga tidak menjadi masalah.

Bagaimana cara bekerja printer 3D?

Untuk memahaminya lebih lanjut kalia bisa menyimak Video berikut ini.



EmoticonEmoticon