Cara Mengatasi Handpone Android Agar Tidak Lemot

Cara membuat android agar tidak lemot - Pasti kalian para pengguna android mengalami masalah ini bukan, yap android anda menjadi lemot itu sangat menjengkelkan. Apalagi jika kita sedang bermain sebuah game ini pasti kita tidak mau hp android kita menjadi lemot bukan.

Mungkin ketika kalian ketika mempunyai handpone baru, handpone kalian masih lancar lancar saja belum merasakan lemot. Tetapi lama kelamaan hal yang dirasakan kepada handpone anda berbeda ketika anda membeli baru. Handpone anda menjadi lemot dan suka ngehank, ya itu wajar saja karena hp anda sudah tidak baru lagi.

cara agar android tidak lemot

Ketika hp anda sudah melambat atau lemot pasti banyak dari kalian yang mencari solusi bagaimana cara agar android tidak lemot bukan? Tenang kami akan memberikan tips bagi anda agar android anda menjadi lancar dan tidak lemot lagi.

Mungkin hal ini tidak berlaku bagi anda yang mempunyai gadget android dengan android High-End, karena android tersebut sudah mempunyai spesifikasi yang memadai. Namun bagaimana jika anda mempunya anroid Low-End, pasti ini menjadi suatu masalah yang sangat besar bagi anda. Maka dari itu teknotune akan membahas permasalah ini.

Cara Mengatasi Android Anda Tidak Lemot

1. Hapus Aktifitas Aplikasi Anda


hapus aktifitas android

Ini adalah salah satu cara untuk mengatasi android anda agar tidak lemot yang banyak orang abaikan. yang perlu kalian ketahui, ketika anda telah membuka sebuah aplikasi dan menutupnya dengan menekan tombol home, aplikasi tersebut tidaklah tertutup secara benar. Aplikasi yang telah kalian buka masih berjalan  dibackground.

Maka dari itu hapuslah aktifitas aplikasi tersebut dengan menekan tombol recent dan hapus semua aplikasi yang ada.

2. Jangan Pasang Aplikasi Yang Mempunyai Fungsi Sama

Banyak pengguna smartphone yang menginstall lebih dari satu aplikasi yang mempunyai fungsi sama. Ini sangat disayangkan karena ini adalah salah satu faktor yang membuat hp android anda menjadi lemot.

Sebagai contoh mungkin anda telah menginstal 2 aplikasi edit foto seperti PicsArt dan Camera 360 agar mempunyai pilihan edit foto yang banyak. Jika anda melakukan hal ini anda sangatlah salah. Sebaiknya anda gunakan satu saja aplikasi untuk edit foto walaupun anda akan mengurangi pilihan edit foto.

3. Jangan Install Aplikasi Yang Menawarkan Android Anda Menjadi Cepat

Mungkin anda tergiur oleh kabar burung yang menyebutkan bahwa suatu aplikasi dapat membuat handpone android anda menjadi tidak lemot. Jika anda berfikiran seperti ini maka anda salah.

Ketahuilah, jika anda memasang aplikasi tersebut pada android anda, kapasitas memori dan ram anda menjadi berkurang. Contoh aplikasi tersebut adalah Clean Master yang menawarkan pembersihan ram dan lainnya. Sebenarnya anda bisa melakukan hal tersebut tanpa menggunakan sebuah aplikasi secara manual dengan membersihkan ram melalui pengaturan android.

4. Copot Aplikasi Yang Tidak Pernah Anda Gunakan

Ini adalah langkah yang mempunyai dampak positif secara signifikan terhadap performa android anda. Lihatlah kembali daftar aplikasi yang anda tidak pernah buka sama sekali selama beberapa minggu, jika anda menemukannya terhadap aplikasi yang beradap di android anda sebaiknya anda copot pemasangan aplikasi tersebut.

Dengan uninstall aplikasi yang anda tidak pernah gunakan, anda dapat membantu melegakan memori dan ram pada anda.

5.  Nonaktifkan Beberapa Aplikasi

Jika anda tidak ingin mencopot aplikasi yang tidak pernah anda gunakan karena mungkin masih agan pakai suatu saat sebaiknya anda nontaktifkan aplikasi tersebut. Dengan itu aplikasi tersebut tidak memakan ram android anda.

Jika anda ingin menggunakan aplikasi tersebut anda bisa mengaktifkannya suatu saat di pengaturan android anda.

6. Hapus Semua Atau Kurangi Widget Pada Home Screen Anda

hapus widget android

Memang benar widget dapat membantu memudahkan kita dalam mendapatkan informasi yang kita butuhkan, namun widget widget yang berada di home screen android tersebut adalah salah satu yang membuat android anda menjadi lemot. Maka dari itu sebaiknya anda buang semua widget widget tersebut.

7. Matikan Fitur Syn Atau Sinkronisasi

Fitur sinkornasi adalah sebuah fitur yang terdapat pada smartphone dimana fitur ini akan mengaktifkan sebuah aplikasi agar handpone anda selalu bisa menerima pemberitahuan dari aplikasi tersebut.

Yang perlu anda ketahui fitur ini memakan ram pada handpone anda sesuai aplikasi chat yang terinstal pada handpone anda. Jika anda mempunyai banyak aplikasi chat maka fitur ini membutuhkan ram yang banyak.

Maka dari itu jika anda menginginkan adnroid anda menjadi tidak lemot sebaiknya anda matikan fitur ini. Selain membuat fitur anda menjadi tidak lemot, mematikan fitur ini anda juga telah mengyrangi permasalahan terhadap batrai hp yang boros, karena fitur ini juga memakan daya yang besar.

8. Hapus Chache Memori

Cache adalah suasu tempat penyimpanan data sementara yang berada di android dan juga gadget lainnya. Cache otomatis dibuat ketika anda telah membuka suatu aplikasi pada android anda agar ketika anda membuka kembali aplikasi tersebut berjalan dengan cepat tanpa membuat cache lagi.

Namun cache ini mempunyai dampak negatif terhadap kinerka hp android anda yang dikarenakan memori android anda menjadi terpakai oleh cache ini.

Cache dari aplikasi yang anda telah hapus juga masih tesimpan di android anda. Maka dari itu kami anjurkan anda menghapus cache in isecara rutin setidaknya seminggu sekali untuk meningkatkan performa android anda.

9. Reset Ulang Handpone Anda

Cara terakhir yang bisa anda gunakan adalah mereset ulang handpone anda. Mungkin dengan melakukan hal ini ada akan berfikir berkali kali untuk melakukannya, karena beberapa file dan aplikasi yang telah anda install akan terhapus juga.

Yang perlu anda ketahui, dengan mereset handpone android anda, anda telah membuat file file dan aplikasi yang tidak berguna terhapus semua, karena tidak mungkin anda mengecek data yang berada di file manager anda secara satu persatu bukan? Maka dari itu reset ulang android anda akan membantu masalah tersebut.

Penutup

Nah itu adalah beberapa cara untuk membuat android anda menjadi tidak lemot dan meningkatkan performanya. Sebenarnya masih ada banyak cara lain yang bisa membuat android anda menjadi tidak lemot, jika anda mempunyai cara cara tersebut anda bisa menambahkannya di komentar artikel ini.

Yang terpenting sebaiknya anda kontrol terhadap file file dan aplikasi yang masuk kedalam android anda agar android anda menjadi tidak lemot kembali. Karena sangat disayangkan terhadap hal yang telah anda lakukan untuk mengatasi performa android anda.


EmoticonEmoticon