Kelebihan Dan Kekurangan Handpone Android Yang Di Root

Mungkin dari kalian banyak orang bingung untuk menentukan handpone kalian untuk di root atau tidak. Kalian banyak yang takut terhadap dampak negatif yang terjadi pada handpone kalian bukan? Untuk itu kalian harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan terhadap hadnpone android anda yang di root.

kelebihan dan kekurangan handpone android root

Apa Sih Yang Dimaksud Dari Root

Didalam sebuah sistem hal ini mengacu kepada OS Android, terdapat suatu hal yang sensitif yang tidak boleh di buka, diubah, dihapus dan ditambah, dikarenakan akan jika hal ini diberikan aksesnya kepada pengguna akan terjadi dampak yang buruk terhadap OS Android tersebut jika sesorang melakukannya dengan tidak hati hati.

Nah untuk membuka, mengubah, menghapus dan menambah sistem tersebut kalian harus melakukan suatu hal yang dinamakan Root ini. Root memberikan pengguna secara full akses kepada sistem tersebut yang bisa mengubah ubah sistem android.

Kelebihan Root Android

1. Bisa Hapus Aplikasi Bawaan

Jika anda membeli seuatu handpone android, pasti didalam handpone tersebut terdapat beberapa aplikasi yang sudah terinstall. Mungkin beberapa aplikasi tersebut tidak kalian pernah buka dan tidak kalian butuhkan, bahkan beberapa aplikasi bawaan membuat ram handpone kalian menjadi sesak, sehingga kalian ingin menghapus aplikasi tersebut.

Namun pada kenyataannya kalian tidak bisa menghapus aplikasi tersebut secara langsung, ketika kalian membuka aplikasi manager di pengaturan handpone kalian, tombol uninstall tidak ada pada aplikasi bawaan di handpone andorid kalian.

Nah untuk menghapus aplikasi tersebut, dibutuhkanlah sebuah akses root kepada handpone kalian. Jadi jika kalian sudah melakukan akses root, kalian bisa dengan bebas mekakukan uninstall aplikasi bawaan yang tidak kalian butuhkan.

2. Bisa Mengganti Rom

Rom adalah sebuah frimware yang berisi data data yang digunakan untuk menjalankan sistem OS Android anda. Disetiap handpone android pasti terdapat rom ini, rom terdapat 2 jenis yaitu stock rom dan costum rom.

Stock rom sendiri adalah rom yang disediakan dari bawaan kali membeli handpone android tersebut, stock rom dibuat secara resmi oleh vendor dari handpone kalian. Sedangkan untuk costum rom adalah rom yang dibuat oleh pihak ketiga, dalam hal ini bisa dibilang yaitu developer. 

Costum mempunyai berbagai macam kelebihan tergantung dari costum rom tersebut dibuat, karena setiap costum rom dibuat dengan tujuan yang berbeda, seperti merubah tampilan, merubah perfoma dan lain lainnya. Nah untuk menggunakan costum rom ini kalian harus mempunyai akses root kepada handpone android kalian.

3. Bisa Menjalankan Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Root

Terdapat beberapa aplikasi android yang dimana jika kalian belum mempunyai aplikasi tersebut kalian tidak bisa mejalnkannya. Umumnya aplikasi tersebut adalah yang digunakan untuk memanipulasi sebuah android. Seperti contoh aplikasi Xmod yaitu aplikasi bantuan untuk bermain COC.

Nah jadi jika kalian melakukan root, kalian bisa menggunakan banyak sekali aplikasi yang bermaanfat yang perlu membutuhkan akses root.

4. Bisa Cheat Games Atau Aplikasi

Salah satu kelebihan yang paling bagus dari handpone android yang di root adalah anda bisa melakukan hack atau cheat terhadap suatu aplikasi atau game. Anda bisa membuat suatu aplikasi yang anda download secara gratis di playstore menjadi suatu aplikasi yang full version.

Contohnya adalah aplikasi karaoke yaitu smule. Pasti kalian ketika ingin menyanyikan sebuah lagu, kalian harus mempunyai akses VIP untuk bisa menyanyikannya. Nah jika anda sudah root handpone anda bisa melakukan hack terhadap aplikasi tersebut untuk membuka akses VIP tanpa perlu membelinya. Namun dengan aplikasi tambahan yaitu lucky patcher yang membutuhkan akses root terlebih dahulu.

Kekurangan Root

Jika root terdapat kelebihan pasti dia juga mempunyai kekruangannya. Untuk kekurangan root sebenarnya tidak terlalu besar dampak yang terjadi jika anda melakukannya secara hati hati.

1. Hilagnya Garnasi

Ini sudah suatu hal yang terjadi di semuah merek handpone android, ketika anda melakukan root tentu garansi dari handpone anda akan hilang.

Mengapa hal ini bisa terjadi dikarenakan pihak vendor sudah tidak bertanggung jawab karena ketika suatu perangkatnya telah di modifikasi yaitu dengan mengeroot handponenya.

2. Bisa Menyebabkan Bootlop

Bootlop adalah suatu hal yang terjadi ketika suatu sistem yaitu android gagal booting atau masuk kesistem. Bootlop ditandai dengan tidaknya mau masuk ke menu android ketika handpone baru dinyalakan. Handpone android anda akan stuck di logo merk dari handpone secara berulang ulang.

Ketika anda melakukan proses root tanpa tidak mengikuti suatu prosedur yang telah ditetapkan, bootlop bisa terjadi di handpone anda.

3. Tidak Membuka Beberapa Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi yang tidak mengizinkan aplikasinya dijalankan di handpone android yang telah diroot, aplikasi tersebut utamanya adalah aplikasi yang ditunjunkan terhadap kemanan yang sangat tinggi.

Nah ketika anda melakukan kases root, aplikasi aplikasi tersebut tidak bisa di buka. Namun anda jangan kawatir, anda bisa mencari aplikasi lainnya yang sejenir yang bisa dijalankan oleh perangkat android yang telah di root.

Penutup

Jadi itu adalah beberapa mengenai kelebihan dan kekurangan root pada suatu handpone android. Sebaiknya kalian fikirkan secara matang matang terhadap keperluan handpone android anda untuk diroo sebelum melakukan proses root.

Jika kalian tidak membutuhkan suatu hal yang penting, sebaiknya anda janganlah root. Namun sebaliknya, jika anda sangatn membutuhkan akses root sebaiknya rootlah handpone anda, tetapi anda harus memperhatikan aspek kelebihan dan kekurangan root tersebut.


EmoticonEmoticon